Wednesday, February 23, 2011

Usaha Sampingan

Suatu hari saya bertemu rekan-rekan se-almamater sebuah kampus teknologi di Bandung. Saat ini masing-masing dari kami sedang mengalami dilema. 4-6 tahun bekerja tapi belum mendapatkan promosi, sedangkan bisnis perusahaan masing-masing sedang mengalami krisis. Ketika dalam kondisi seperti itu, masing-masing individu harus memutar otak memikirkan kondisi paling buruk sekalipun.

Membuat suatu usaha bersama adalah alternatifnya. Dengan sering berkumpul, maka bermunculanlah ide-ide yang bisa dikembangkan untuk membuat usaha. Kemudian gagasan-gagasan ini akan menjadi mentah manakala tidak diaktualisasikan. Ketika proses aktualisasi berjalan, di sana akan terbukti manakah partner-partner sejati, manapula partner yang bersifat euforia atau ikut-ikutan saja. Setelah sebelumnya dua orang gugur di medan juang. Maka datanglah energi baru untuk mengisi kekosongan tim. Harapannya usaha yang melibatkan lebih dari dua orang akan lebih baik karena lebih banyak ide untuk mengembangkan usaha tersebut, asal konsisten dan siap bergerak dengan segala resiko yang ada.

Saat ini kami sedang memutar otak untuk membuat proyek perdana kami berhasil. Segala macam daya upaya kami kerahkan agar kelak nantinya kami mempunyai pengalaman yang bisa kami tunjukkan ke-klien kami. Melakukan interview dan negosisasi gaji untuk mendapatkan resource-resource terbaik yang sesuai dengan keinginan klien kami.

Bismillah, semoga Kau tunjukkan dan bukakan jalan rizki-Mu untuk kami ya Allah ....


No comments: